Minggu, 29 Maret 2020 (Minggu Judika)

hitabatak.com > Artikel > Minggu, 29 Maret 2020 (Minggu Judika)

Minggu, 29 Maret 2020 (Minggu Judika)

Yesus Pembelaku di Hari Penghakiman 

2 Petrus 1:1-9
1. Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus, kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. 2. Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.
3. Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. 4. Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia. 5. Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, 6. dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, 7. dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang. 8. Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. 9. Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan

Hari ini kita berada dalam minggu Judika. Judika bersangkut-paut dengan hukum dan keadilan. Itulah yang dikatakan nats ini, bahwa kita memperoleh iman hanyalah “oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Tuhan Yesus Kristus”. Keadilan berarti, Tuhan Yesus telah membenarkan kita, membebaskan kita dari tuntutan hukuman dosa, menyatakan kita tidak bersalah lagi.

Baca Juga  Minggu, 15 Maret 2020 (Minggu Okuli)

Memang, kita ini adalah orang yang penuh dosa, yang sepa-tutnya menerima hukuman mati kekal. Tetapi, puji Tuhan, yang adalah Mahakasih dan Penyayang. Di dalam Tuhan Yesus, AnakNya yang tunggal, Allah memberikan keadilanNya kepada kita. Setiap orang yang menerima Tuhan Yesus menjadi Tuhan dan JuruselamatNya, yang mau hidup menaati perintah dan Firman Tuhan Yesus, pasti akan dibe-narkan, diberi keadilan. Karena Yesus telah mau mati untuk menanggung seluruh hukum atas kita. Dan Yesus lah Hakim Tertinggi di Hari Penghakiman kelak. Di sana, iman kita itulah yang menjadi tiket kita untuk memperoleh keadilan dan pembenaran dari Tuhan Yesus.

Itulah ajakan Minggu Judika ini: Mari, selagi Tuhan masih memberi kita waktu pengasihan, masa anugerah, yaitu masa hidup bernafas kita ini, segeralah bertobat, terimalah Tuhan Yesus menjadi Tuhan dan Juruselamatmu. Andalkan Dia di seluruh hidupmu. Lakukan perintah dan FirmanNya. Sehingga bila Tuhan Yesus datang keduakali menghakimi dunia, kita akan dibenarkanNya, sehingga kita diperbolehkan memasuki Rumah Allah, kehidupan kekal, di surga bersama Allah. Tetapi bila tidak, kita akan diganjar dengan hukuman berat, akibat dosa kita yang tidak dihapus. Kita akan dimasukkan dalam api kekal bersama si iblis selama-lamanya. Pilhan ada pada kita. Jangan salah pilih, nanti Saudara menyesal tak berguna.