Evangelium ~ Terang Tuhan Terbit Atasmu

Yesaya 60:1-7

1.Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu. 2.Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang Tuhan terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu 3.Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu. 4.Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong. 5.Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. 6.Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur Tuhan. 7.Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku.

Selamat Advent. Tanpa terasa hari ini kita telah memasuki Minggu Advent keempat, itu artinya tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki hari yang kita nanti-nantikan yaitu, peringatakan kelahiran Tuhan Yesus. Perikop hari ini berkata kepada kita Bangkitlah dan menjadi teranglah. Semua orang pasti menginginkan terang dalam hidupnya, bahkan dapat dikatakan manusia sulit hidup tanpa terang. Coba bayangkan jika tidak ada terang matahari, maka dunia ini akan terus mengalami kegelapan dan kita tidak tahu tentang hitungan hari karena kegelapan menyelimuti bumi.

Perikop kita hari ini bercerita tentang keadaan bangsa Israel sepulangnya mereka dari tanah pembuangan di Babel, mereka melihat semua telah hancur sehingga membuat suasana hati merekapun hancur. Dalam situasi seperti iti Allah berfirman kepada mereka: Bangkitlah dan menjadi teranglah. Allah memberikan sebuah harapan baru bagi mereka dimana terang akan segera terbit bahkan terang itu akan membuat mereka semakin merasakan kasih Allah yang besar bagi bangsa Israel.

Baca Juga  Rabu, 25 Desember 2019 (Pesta Natal Hari Pertama)

Bukankah terkadang kitapun mengalami hal yang sama? Karena banyaknya tantangan hidup ini, membuat kita sering merasakan dunia ini terasa gelap. Gairah untuk melakukan apapun nampak hilang karena semua pintu pengharapan telah tertutup. Saat ini Allahpun berbicara kepada kita bangkitlah dan menjadi teranglah. Allah sendiri ingin menjadikan kita sebagai terang tidak hanya bagi diri kita, melainkan juga bagi orang lain. Mari kita persiapkan diri kita untuk menyambut sang Juruselamat itu dengan mau bangkit dan menjadi terang, yaitu dengan mau menyambut dan menerima Ia yang akan lahir itu. Amin.