Mau Makan Hare? Datang Aja Ke Pesta Adat Batak

hitabatak.com > Kuliner > Mau Makan Hare? Datang Aja Ke Pesta Adat Batak

Mau Makan Hare? Datang Aja Ke Pesta Adat Batak

Hare adalah makanan khas Batak yang sering ditemukan di pesta-pesta orang Batak, dan terutama untuk daerah toba samosir. Hare yang terbuat dari tepung beras, timun, kencur, kunyit. Lalu dimasak dengan menggunakan santan kelapa sampai seperti bubur.

Hare adalah makanan tradisional Batak Toba yang berkasiat untuk menyehatkan tubuh, menambah stamina. Hare dulunya selalu diberikan kepada ibu muda saat hamil muda. Perempuan yang sulit hamul juga sering disuguhi makanan tradisional ini karena dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.

Aromanya yang wangi membuat selera menjadi sangat tergoda akan hare, dan biasanya ditambahkan dengan buah nangka untuk menambahkan aroma dan rasa hare. Rasanya yang sangat enak dan manis pastinya buat pesta anda lebih seru karena hare bisa menunda lapar karena diingat dengan jam makan pesta orang batak, bisa dikatanya sangat lama, karena masih banyak acara seperti manortor, sehingga hare adalah salah satu makanan penunda lapar ketika anda berada di pesta adat Batak.

Biasanya hare di hidangkan dalam daun pisang dan menggunakan sendok yang terbuat dari bayon. Buat anda yang kangen dengan makanan ini, anda dapat pergi ke pesta batak, dan lebih pastinya mengikuti adat batak yang berada di toba samosir.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hare batak toba:

1. 2 Genggaman Simarsintasinta
2. 2 Genggaman Simarateate
3. 2 Genggaman akar purba jolma
4. Pinasa sucukupnya
5. Semangka
6. Pisang
7. kunyit
8. Kencur
9. Jahe
10. Bagot ni horbo
11. Kaldu ayam
12. Itak
13. Tuak ni loba
14 . Mentimun

Makanan ini pantas anda coba, buat yang suka dengan makanan ini jangan lupa ya dishare.

Baca Juga  Lappet Dan Ombus-Ombus Makanan Khas Dari Siborong-borong