Masyarakat Bisa Cetak Sendiri KTP, KK hingga Akta Kelahiran

hitabatak.com > Artikel > Masyarakat Bisa Cetak Sendiri KTP, KK hingga Akta Kelahiran

Masyarakat Bisa Cetak Sendiri KTP, KK hingga Akta Kelahiran

Hitabatak.com/Jakarta,-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berhasil meluncurkan anjungan dukcapil mandiri (ADM). Acara peluncuran ini dilaksanakan di Discovery Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara pada Senin malam (25/11).

ADM memiliki inovasi khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi

Dilansir dari laman berita Kompas.com, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, kini warga bisa mencetak berbagai kartu identitas yang dikeluarkan Dukcapil secara mandiri di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

“ADM bisa mencetak KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KK, dan lain-lain dalam hitungan menit,” kata Tio seusai peresmian, Senin malam.

Tito menjelaskan bahwa ADM ini dapat mempermudah layanan publik di Dukcapil yang selama ini terbilang sulit. Tidak hanya itu Tito mencoba pembuatan KTP dengan alat tersebut dengan menginput beberapa data ke anjungan tersebut.

“Ini terobosan bagus, saya sudah coba sendiri, lebih kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan dengan cepat,” tutur Tito.

ADM tidak hanya bermanfaat mempermudah melainkan juga untuk mengurangi potensi korupsi dengan hal tersebut, Tito berharap agar Dukcapil di setiap daerah bisa mengadakan ADM tersebut. Meski demikian, mesinnya sekarang baru ada di kantor Dukcapil di daerah Kalibata, Jakarta.

mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM) (sumber : Antaranews.com)

ADM Menggunakan PIN dan QR Code

Dalam proses menggunakan ADM, masyarakat mendaftar dulu di kantor Dukcapil masing-masing. Kemudian, jika sudah selesai prosesnya, pihak Dukcapil akan mengirimkan email untuk memberikan kode berupa pin atau QR code.

Baca Juga  Jokowi Centre : Kinerja Para Menteri Harus makin Ditingkatkan