Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembangunan kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), sebagai salah satu destinasi super prioritas akan selesai tahun ini. Infrastruktur jalan tol yang hampir kelar di Sumut dan jadi pendukung pariwisata.

Luhut mencontohkan Tol Tebing yang baru saja ditinjaunya. Dengan kelarnya tol tersebut, maka bisa memangkas waktu perjalanan signifikan. Dari Bandara Kualanami di Deliserdang ke Bandara Sibisa di Kabupaten Toba Samosir diperkirakan bisa sampai 1,5 jam.

“Tanggal 13 (Februari) saya pergi ke Tol Tebing Tinggi atau Dolok Merawan. Saya apresiasi sekali karena dari Kualanamu (ke Sibisa) akan ditempuh 1,5 jam,” katanya dalam video diunggah di akun Instagram @luhut.panjaitan, Minggu (14/2).

Luhut mengatakan, semua proyek pembangunan jalan tol itu rampungnya sudah mencapai sekitar 67%-70%. Diperkirakan pada Agustus atau September 2021 semuanya selesai. “Kemudian dari Siantar yang ke Parapat sampai ke Sibisa itu sudah selesai 60%,” katanya.

Ia menambahkan, jika semua telah rampung 100%, maka dari Bandara Kualamanu ke Bandara Sibisa dapat ditempuh hanya 1,5 jam.

Kemudian juga akan dibangun hotel-hotel hingga rumah sakit di kawasan tersebut. Sehingga fasilitasnya semakin lengkap, khususnya akses jalan yang mudah dan cepat. “Akan menjadi satu urat nadi ekonomi yang luar biasa,” pungkasnya.

Baca Juga  Horja Bius Lestarikan Budaya Batak

By Hitabatak

Berbagi informasi menarik tentang Batak.