KMP Pora-pora Mulai Beroperasi dan Diharapkan Mendukung Pariwisata Danau Toba

hitabatak.com > Artikel > KMP Pora-pora Mulai Beroperasi dan Diharapkan Mendukung Pariwisata Danau Toba

KMP Pora-pora Mulai Beroperasi dan Diharapkan Mendukung Pariwisata Danau Toba

Hitabatak.com/Tobasamosir,- Kapal Motor Penumpang (KMP) Pora-Pora telah selesai pada dikerjakan secara fisik dan telah diuji coba pada Rabu (18/12). Rute uji cobanya dimulai dari Pantai Parparean Porsea menuju Nainggolan-Muara -Balige dan kembali ke Parparean Porsea. Sebelum berganti nama menjadi KMP Pora-pora, Kapal tersebut bernama Ro-Ro 300 GT.

Sebelum diuji coba terlebih dahulu dilakukan peninjauan ruangan penumpang kapal. Peninjauan dilakukan langsung oleh Bupati Darwin Siagian, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provsu, Kepala Syahbandar Utama Belawan, GM ASDP Cabang Sibolga dan Kepala UPT ADP Danau Toba.

Uji coba dilaksanakan melalui agenda kegiatan, Official Sea Trial dan Familiarisasi Kapal Penyeberangan Ro-Ro 300 GT untuk Lintas Danau Toba.

Secara spesifik KMP Pora-pora dapat mengangkut 180 orang penumpang, 12 unit truk bermuatan 10 ton dan 3 unit mobil jenis sedan MPV/SUV 1.5 ton. Atau setara dengan 21 unit kendaraan jenis MPV/sedan/SUV 1.5 ton

KMP Pora-Pora merupakan kapal yang ke-2 untuk mendukung pariwisata Danau Toba, setelah KMP Ihan Batak salah satu kapal yang menjadi wadah transportasi penyebrangan masyarakat Kawawan Danau Toba yang cukup diminati.

Darwin Siagian selaku Bupati Kabupaten Toba Samosir mengharapkan Kehadiran KMP Pora-pora dapat mendongkrak pertumbuhan dan peningkatan pariwisata di Kawasan Danau Toba (KDT).

“Sebelumnya sudah beroperasi KMP Ihan Batak. Dengan dilakukannya pengujian KMP Pora-Pora diharapkan penyeberangan di Danau Toba semakin lancar. Akan tetapi perlu juga kita ingat kapal ini dibangun dalam rangka  mendukung Danau Toba sebagai tujuan pariwisata,” ujar Darwin dilansir dari laman berita Gatra.com.

Lebih lanjut Darwin meminta agar para masyarakat tetap menjaga kebersihan seluruh fasilitas yang mendukung pariwisata kawasan Danau Toba, salah satunya KMP Pora-Pora.

Baca Juga  [Lawak Batak] Alani Mokkus

“Saya mengimbau masyarakat supaya tidak membuang sampah ke Danau. Karena sampah dapat mencemari dan merusak ekosistem Danau Toba,” pungkas Darwin.

KMP Pora-pora Mulai Beroperasi Menyambut liburan pada panjang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 KMP Pora-pora sudah beroperasi pada hari jumat (20/12) dengan rute Balige ke Onan Runggu,

Untuk menikmati fasilitas KMP Pora-pora para penumpang dikenakan tarif yang bervariasi, diantaranya :

– Tarif pejalan kaki dewasa Rp 9.000
– Tiket pejalan kaki anak Rp 6.000
– Tarif tiket kendaraan Gol I (sepeda dayung) Rp 13.000
– Gol II (sepeda motor) Rp 22 ribu
– Gol III (becak, sepeda motor 500 cc ke atas) Rp 45.000
– Gol IV (minibus/sedan) Rp 135.000
– Gol IV (Pick Up) Rp 120.000
– Gol V (bus sedang) Rp 287.000
– Gol V (colt diesel 5-7 meter) Rp 234.000
– Gol VI (Bus besar) Rp 487.000
– Gol VI (Fuso 7-10 meter) Rp 384.000
– Gol VII (Tronton) Rp 483.000
– Gol VIII (Trailer) Rp 715.000
– Gol IX (Trailer diatas 16 meter) Rp 1,065 juta.