Kemenparekraf Libatkan 2 Startup Kebut Pengembangan Akomodasi Danau Toba

hitabatak.com > Berita > Kemenparekraf Libatkan 2 Startup Kebut Pengembangan Akomodasi Danau Toba

Kemenparekraf Libatkan 2 Startup Kebut Pengembangan Akomodasi Danau Toba

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menggandeng startup untuk mengembangkan akomodasi di destinasi super prioritas Danau Toba.

Sandiaga mengatakan ada dua startup yang akan membantu mewujudkan alternatif akomodasi.

“Yang akan segera berjalan yaitu dengan Bobobox. Mereka akan membangun hotel berkonsep Box dan Cabin di Lahan Zona Otorita Danau Toba di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba. Bulan Juni nanti diperkirakan sudah rampung dan dapat digunakan untuk para wisatawan,” kata pria yang akan disapa Mas Menteri ini, Rabu (3/3/2021).

Selain hotel, Sandiaga juga akan memanfaatkan jaringan situs berbagi akomodasi global AirBnb untuk menghadirkan penginapan bujet atau homestay.

Menurutnya, hal itu bisa menguntungkan para pemilik akomodasi serta wisatawan.

“Bagi pemilik homestay yang disewakan, ini bisa menjadi peluang kerja dan penghasilan tambahan. Bagi wisatawan, ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan local experience dan akomodasi dengan harga yang terjangkau,” kata Sandiaga.

Dia menegaskan pengembangan di Danau Toba ini skema yang digunakan adalah kerjasama pemerintah dengan badan usaha atau public private partnership (PPP).https://www.youtube.com/embed/0DaUF46Ihaw

Sebelumnya, pemerintah meluncurkan program Beli Kreatif Danau Toba 2021. Program ini bertujuan mendukung penuh pengembangan produk kreatif lokal asal Danau Toba.

“Produk artisan Danau Toba bila disandingkan dengan lokasi pariwisata super prioritas tentunya akan meningkatkan kualitas,” kata Sandiaga.

Namun diperlukan pendampingan bagi pelaku kreatif dalam upaya up scaling produk. 

“Berkaitan dengan sektor ekonomi kreaif. Kami menyusun strategi utama yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Ini agar sektor ekonomi kreatif pariwisata di Indonesia terus menggema dan terimplementasi,” kata Sandiaga.

Dia berharap peluncuran Beli Kreatif Danau Toba mampu mendorong pemulihan sektor UMKM di tengah pandemi Covid-19.


Baca Juga  Di Tebing Tinggi TP PKK Sumut bagikan Masker