Kembangkan Penyeberangan Danau Toba, Menhub hibahkan 12 dermaga

hitabatak.com > Artikel > Kembangkan Penyeberangan Danau Toba, Menhub hibahkan 12 dermaga
Pantai Bebas Parapat, Simalungun (foto : Danautobacenter)

Kembangkan Penyeberangan Danau Toba, Menhub hibahkan 12 dermaga

Jakarta – Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengikuti peluncuran aplikasi baru pemesanan tiket kapal feri berbasis online milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang disiarkan secara virtual, pada Sabtu (25/7).

Budi Karya Sumadi mengatkan bahwa pihaknya akan menghibahkan 12 terminal atau dermaga di Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima pariwisata super prioritas oleh pemerintah dan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) yang sedang didorong Kementerian Perhubungan untuk dibangun konektivitasnya kepada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

“Saya harapkan juga kita akan membuka 12 terminal yang sangat baik di Toba dan itu akan kita berikan kepada ASDP,” kata Budi.

Lebih lanjut, Budi meminta agar ajaran direksi bersiap diri mengelola dermaga di Danau Toba serta ASDP dapat mengelolanya secara komersial dimana ASDP bisa mengelola seperti mini mall

“Dari sana kita mengedukasi kepada masyarakat untuk berbuat, melakukan kegiatan lebih baik dan lebih madani,” ujarnya.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Kementerian BUMN, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mengoptimalkan potensi destinasi wisata lokal. Menurutnya, Indonesia masih mempunyai potensi wisata yang sangat luar biasa untuk dikembangkan.

Oleh karenanya, hibah 12 dermaga kepada ASDP adalah Pelabuhan Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onanrunggu, Onanbaru, Neinggolan, Pakkara, dan Marbuntoruan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Danau Toba.

“Semoga itu jadi suatu kekuatan ASDP dan memberikan pembelajaran bagi masyarakat,” tutur Budi.

Selain Danau Toba, Kemenhub membangun  lapangan terbang dan pelabuhan di Labuan Bajo.

Sumber : Tempo
Editor    : Yedija M

Baca Juga  Sedang Kuliah S-3 di Taiwan, Mahasiswa asal Humbahas ini Kirim Surat Bantuan Biaya Kuliah ke Bupati Dosmar