Hitabatak.com/Toba Samosir,- Proses pergantian nama Kabupaten Toba Samosir tengah diproses oleh pemerintah yang akan menjadi nama baru, yakni Kabupaten Toba.

Informasi yang dihimpun Hitabatak.com menerangkan sebelumnya Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tumpak Simanjuntak, mengatakan bahwa  pergantian nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba sudah final, hanya tinggal menunggu pengesahan saja.

Pergantian nama kabupaten Toba yang tengah diproses oleh Pemerintah, rencananya akan diresmikan pada Maret 2020 tepat pada perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Tobasa yang 21, tepatnya 9 Maret 2020. Toba Samosir menjadi sebuah Kabupaten setelah hasil pemekaran dari Tapanuli Utara pada tahun 1999.

Dilansir dari laman Merdeka.com, Darwin Siagian selaku Bupati Toba Samosir mengungkapkan bahwa Rencana penggantian nama ini tengah menjalani proses administrasi di pemerintah pusat. Selain telah dirapatkan di kementerian terkait, tim dari Jakarta juga telah turun ke Toba Samosir. Mereka melakukan survei ke tengah masyarakat terkait rencana pergantian nama itu.

Darwin menyatakan bahwa alasan pergantian nama Toba ini karena sudah ada daerah lain yang bernama Samosir dan perubahan nama ini merupakan keinginan masyarakat Toba Samosir juga.

“Semuanya keinginan masyarakat dari bawah, karena sudah ada (Kabupaten) Samosir, padahal kita Toba Samosir. Jadi penyebutannya itu,” ucap Darwin pada jumat (13/12).

Lebih lanjut Darwin menerangkan bahwa penggantian nama itu harus melalui Peraturan Pemerintah (PP). Darwin yakin perubahan nama itu segera diputuskan presiden. Dengan pergantian nama Toba ini akan memberikan semangat dalam pembangunan.

“Kita berharap penggantian nama dapat memberikan semangat baru untuk pembangunan di daerah ini,” pungkas Darwin.

Baca Juga  Sijalo Jambar Diulaon Adat Batak