Festival Danau Toba Akan Digelar Pada 2-5 Juli 2020

hitabatak.com > Artikel > Festival Danau Toba Akan Digelar Pada 2-5 Juli 2020
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi beberapa waktu lalu saat membuka Festival Danau Toba ke-7 di Parapat Kabupaten Simalungun, Senin (9/12/2019)

Festival Danau Toba Akan Digelar Pada 2-5 Juli 2020

Oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Pariwisata Sumatera Utara, Ria Telaumbanua, diusulkan penyelenggaraan Festival Danau Toba (FDT) 2020 diubah waktunya menjadi pada 2-5 Juli. Hari Kamis sampai Minggu.

Usulan tersebut disampaikan Ria kepada Komisi B DPRD Sumatera Utara pada rapat dengar pendapat, Senin (3/2/2020). RDP digelar dalam rangka evaluasi pelaksanaan FDT yang sudah berlangsung sejak 2013.

Kata Ria, FDT 2019 (di Parapat, Kabupaten Simalungun) dilaksanakan pada hari dan momen yang tidak tepat. Pada bulan Desember saat anak sekolah memasuki masa ujian dan di hari Senin sampai Rabu. Akibatnya pengunjung tidak seramai yang diharapkan.

“Jadi harus kita sesuaikan momen dan harinya agar wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara optimal yang datang. Itulah kenapa kami usulkan pelaksanaannya diubah menjadi 2-5 Juli 2020, Kamis sampai Minggu,” tegas Ria.

Sekretaris Komisi B, Achmad Hadian, menyebutkan evaluasi pelaksanaan FDT sangat dibutuhkan. Agar kegagalan penyelenggaraan selama tujuh tahun terakhir tidak berulang. Dan FDT tidak dituding sebagai even abal-abal, tetapi kegiatan luar biasa.

Baca Juga  Begini Tanggapan Eks Bupati Samosir Mengenai Peniadaan Festival Danau Toba tahun 2020