Dukung Produk UMKM ditengah Pandemi, KAMI Taput akan luncurkan Aplikasi Star Up

hitabatak.com > Artikel > Dukung Produk UMKM ditengah Pandemi, KAMI Taput akan luncurkan Aplikasi Star Up

Dukung Produk UMKM ditengah Pandemi, KAMI Taput akan luncurkan Aplikasi Star Up

Tapanuli Utara –┬áKaum Milenial Indonesia Tapanuli Utara (KAMI Taput) melakukan pertemuan dengan Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Taput bersama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Tapanuli Urara pada Senin, (31/08/2020).

Di dalam pertemuan tersebut, Marco Panggabean selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Taput menyampaikan bahwa kehadiran Kaum Milenial Indonesia adalah sebagai perwujudan Tugas dan Panggilan Kaum Milenial Indonesia sebagai salah satu organisasi yang memberikan warna dan perubahan bagi Kabupaten Tapanuli Utara.

“Selama ini para Pelaku Usaha UMKM yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Taput sudah melakukan berbagai cara promosi seperti Direct Selling dan Periklanan lewat Media Sosial seperti Instagram Facebook dan WhatsApp messenger, namun belum menuaikan hasil yang maksimal dalam penjualan produknya, untuk itu kehadiran adik-adik KAMI untuk membantu Produk UMKM Taput dikenal oleh khalayak ramai dan bisa dinikmati oleh saudara-saudari kita di Sumatera Utara khususnya,” ujar Marco.

Sementara itu Dedy Mizwar Lumban Tobing selaku Koordinator Wilayah Asosiasi UMKM Taput menyampaikan bahwa selama pandemi covid 19 masuk ke Indonesia, target Penjualan UMKM menurun drastis, hal ini dipengaruhi oleh berkurangnya wisatawan datang ke Tapanuli Utara termasuk ke Kota Tarutung, cara promosi yang konvensional seperti Direct Selling juga tidak bisa kita lakukan akibat Pandemi Covid 19 ini.

“Upaya pemasaran produk kita maksimalkan lewat postingan Facebook, Instagram dan Whatsapp messenger dan juga endorse/periklanan seperti di Akun Instagram yang memiliki jumlah followers yang banyak,” ujar Dedy yang didampingi oleh para pelaku UMKM.

Lebih lanjut Dedy berharap dengan kehadiran KAMI Taput dapat membantu pemasaran produk UMKM Taput dengan pembuatan Aplikasi Start Up yang bisa menjembatani antara Pelaku Usaha UMKM dan juga konsumen.

Baca Juga  GMKI nilai Banyak Mafia Tanah Kuasai Lahan Eks HGU PTPN II

Dalam kesempatan yang sama, Ricky Siahaan pelaku usaha UMKM dengan produk Kopi Partungkoan yang juga tergabung dalam Asosiasi UMKM Tapanuli Utara berharap agar nantinya KAMI Taput dapat memberikan prestasi bagi kabupaten Taput dengan memperkenalkan Produk UMKM Taput Go Nasional dan dapat dinikmati seluruh warga di Indonesia terkhususnya Warga Sumatera Utara.

Doni Rahmadi Butarbutar selaku Direktur Wilayah Taput menyampaikan bahwa dalam waktu 23 sampai dengan 25 hari ke depan perlu ada pertemuan lanjutan antara KAMI Taput dengan pelaku Usaha UMKM yang tergabung di Asosiasi UMKM Tapanuli Utara.

“Kita akan siapkan dan luncurkan Aplikasi Start Up seperti Buka Lapak. Dalam 25 hari kerja kita akan siapkan dan selesaikan grand design aplikasi start up yang terintegrasi dan bisa menjembatani antara pelaku usaha UMKM Tapanuli Utara dengan konsumen,” ujar Doni.

Sementara David Hutasoit yang juga pengurus Kaum Milenial Indonesia wilayah Tapanuli Utara menambahkan sementara ini Aplikasi Start up tersebut dalam proses pembuatan, kita akan bantu Pelaku Usaha UMKM Taput dengan mempublikasikan di Media Sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Whatsapp dengan gambar dan video terkait produk UMKM dan akan membuat website sebagai salah satu wadah membantu mempromosikan produk UMKM Taput. (rls)