Hitabatak.com/ Dairi. Tidak hanya didaerah kalimantan, Riau dan Bengkulu terjadi peristiwa kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di pinggiran Danau Toba, tepatnya di Desa Silalahi III Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Kebakaran tersebut terjadi Rabu (18/9) kemarin.  Sekitar seluas  20 hektar hutan dan lahan dilahap sijago merah.

Pada saat terjadi kebakaran para petugas pemadam yang dibantu oleh Tim gabungan TNI dan Polri serta Masyarakat Peduli Api (MPA) mengalami kesulitan saat hendak memandamkan api. Hal ini dikarenakan akses menuju lokasi kebakaran memiliki medan yang cukup berat dan terjal serta kemiringan sekitar 60 derajat.

Dengan perjuangan dan kerja sama tim yang berupaya semaksimal sekitar 3 jam lebih berjibaku memadamkan api, akhirnya kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.30 WIB.

Informasi yang dihimpun oleh Hitabatak.com penyebab kebakaran hutan dan lahan disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang oleh warga secara sembarangan. Api pun cukup cepat menyebar karena kondisi sedang mengalami musim kemarau dan angin bertiup kencang

Sampai berita ini diturunkan, kasus kebakaran saat ini masih didalami oleh pihak kepolisian. Mereka menggelar penyelidikan dan berharap semua pihak dapat menjaga kondisi hutan.

Kawasan Danau Toba salah satu lokasi yang kerap terjadi kebakaran hutan. Dalam satu tahun terakhir sudah terjadi empat kali kebakaran hutan di Kecamatan Silalahi Sabungan.

Untuk itu  tim masih bersiaga dalam mengantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi dengan  melakukan mooping up sebagai bentuk penanganan pasca terjadinya kebakaran.

Baca Juga  Kabut Asap di Sibolga, GMKI Bagikan 1000 Masker kepada Masyarakat