Arak-arakan barisan prosesi dari alun-alun kota Sipirok (foto : MarturiaHKBP)

hitabatak.com/Tapanuli Selatan,- Sejarah kembali terulang ditahun 2020, selama tiga puluh tahun yang lalu ibadah konfrensi pemuda HKBP dilakukan di Sipirok ini pada tahun 1990. Peringatan ulang tahun HKBP yang ke 75 tahun di Sipirok pada tahun 1936. Pada hari minggu (5/1/2020), HKBP kembali ke Sipirok untuk melaksanakan ibadah raya Pekabaran Injil HKBP tahun 2020.

Pimpinan HKBP melayani ibadah Raya Zending HKBP di HKBP Sipirok yang dihadiri ribuan orang yang berasal dari segala penjuru. Ibadah raya Zending dimulai arak-arakan dari alun-alun kota Sipirok bersama rombongan jemaat yang mewakili pelayanan emapt misionaris, yaitu Heine, Clammer, Bets dan Van Aselt. Sebelum berangkat, pimpinan HKBP dan Praeses HKBP distrik I Tapanuli Selatan Sumbar menerima pengalungan bunga dari anak sekolah minggu yang diaturkan oleh panitia.

Arak-arakan barisan prosesi dari alun-alun kota Sipirok membuat masyarakat ikut menyaksikan prosesi dengan iringan music tiup yang sangat meriah. Sepanjangan jalan, terlihat banyak masyarakat mendokumentasikan dan menyaksikan prosesi tersebut.

Ibadah diawali dengan pragmen sekolah minggu, dimana pragmen ini menampilkan anak-anak sekolah minggu dalam pragaan gerak dan hafalan ayat alkitab. Ibadah berjalan dengan baik dan lancar, Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan melayani dan Pdt. Debora Sinaga melayani Liturgi, Pdt. David F. Sibuea, MTh, D.Min membawakan doa syafaat, Pdt. Dr. Martongo Sitinjak menyampaikan sambutan dan Ompui Ephorus menyampaikan Firman Allah. Di dalam ibadah, persekutuan koor HKBP Dame Sait ni Huta, HKBP Distrik I Tabagsel dan HKBP Distrik X Medan Aceh juga ikut mempersembahakan koor dalam ibadah raya ini.

Dalam khotbah, ompui Ephorus menjelasakan: ada banyak pelayanan kita di tengah-tengah gereja sesuai dengan perintah Tuhan Yesus. Beberapa perintah Tuhan Yesus tersebut adalah memberitakan Injil, memberitakan firmanNya, bersaksi, dan mengajar agar semakin bertambah jumlah orang percaya kepadaNya. Jika kita ikut dalam pemberitaan Firman Allah Allah, maka inilah yang akan kita terima, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga (Luk 10:20).

Baca Juga  Maruarar Sirait Usulkan Agar Tempat Ibadah Selain Masjid dibangun di DPR

Seusai ibadah, acara dilanjutakan dengan makan bersama. Beberapa menit kemudian, kehadiran Menteri sosial Republik Indonesia bapak Juliari Peter Batubara mengundang jemaat dan masyarakat bersukacita. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada waktu kehadiran bapak Menteri Sosial RI dan Raja Adat Angkola yaitu Raja Panusunan Bulung Haruaya Mardomu Bulung napanapa Sibualbuali. Dimulai pengalungan bunga, pelepasana balon sebanyak 120 balon, melepaskan merpati, penandatanganan prasasti Ibadah Raya Zending dan penanaman pohon disekitar lingkungan gereja.

Menteri Sosial Hadir dalam Ibadah Raya Pekabaran Injil HKBP (foto : marturiaHKBP)
Menteri Sosial Hadir dalam Ibadah Raya Pekabaran Injil HKBP (foto : marturiaHKBP)

Bapak Menteri Sosial juga mengakui dalam sambutannya bahwa Sipirok ini adalah daerah yang sudah kita kenal secara bersama adalah daerah yang kuat mempertahankan nilai-nilai kerukunan, tanpa memandang agama, ras dan suku. Di Sipirok ini hidup bertentangga, beda agama, beda suku dan ras hidup saling memahami.

Dalam sambutan Ketua Umum Tahun Pekabaran Injil, Ibu Pdt. Dr. Anna Ch. Vera Pangaribuan menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan atas perkenanan pelaksanaan ibadah raya di Sipirok. Kiranya pertemuan kita satu hari ini membawa semangat untuk mengobarkan pekabaran injil, sehingga ketika kita saling mengobarkan pekabaran injil, HKBP semakin menjadi berkat bagi dunia.

Panitia juga meramu kegiatan dengan tujuan untuk mengumpulkan dana pada kegiatan ini. Salah satu kegiatannya adalah memberikan ulos kepada para pelayan yang dimulai dari praeses, pendeta resort, kepala biro, staf pimpinan dan beberapa jemaat. Puji Tuhan, hasil dari pengumpulan dana dari ulos mencapai 200juta lebih. Ini adalah bentuk kerjasama diantara sesama pelayan dan jemaat untuk mensukseskan kegiatan ibadah raya dan tahun pekabaran injil 2020.

Diakhir acara, pimpinan HKBP memberikan ulos kepada 67 kepala keluarga jemaat HKBP Sipirok. Ulos ini disampaikan sebagai sarana doa untuk kesehatan, semangat dan keteguhan iman jemaat HKBP Sipirok dari serakarang sampai yang akan datang. Sukacita jemaat terlihat dari raut wajah yang bahagia saat menerima ulos yang diberikan oleh pimpinan. Kiranya melalui ibadah raya Pekabaran Injil ini memberikan semangat dan kekuatan kepada jemaat dan pelayan untuk mengabarkan kabar baik yaitu Firman Allah. Horas,

Baca Juga  Bersimbah darah, seorang warga Sipirok ditemukan tewas