Hitabatak.com/Riau,- Ratusan rumah warga pada tiga kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, terendam banjir dari air luapan Sungai Indragiri atau Batang Kuantan. Air mulai menggenangi pemukiman warga mulai dari hari senin (9/12) pagi.

Banjir yang belum surut hingga hari jumat (13/12) membuat para Pemuda Batak Kuansing (PBK) bergerak untuk menyalurkan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir di Kecamatan Kuantan Hilir, Jumat, 13 Desember 2019.

Sejumlah bantuan yang diberikan untuk para korban banjir berbagai kebutuhan pokok seperti beras, mie instan dan berbagai kebutuhan lainnya yang sangat diperlukan oleh masyarakat yang menjadi korban banjir dari luapan sungai Indragiri tersebut.

Bantuan yang dibutuhkan oleh para korban banjir langsung disalurkan oleh para Pemuda Batak Kuansing yang dipimpin oleh Hardianto Manik beserta sekretaris Jan Freddy Butarbutar, Wakil Ketua Trisama Sinambela beserta seluruh fungsionaris, pengurus Sektor Pemuda Batak Kuansing dan anggota.

Pemuda Batak Kuansing terjun kedalam banjir dan mengarungi aliran air banjir untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh para korban. Tercatat bantuan tersebut disalurkan di Desa Pulau Kijang, Kecamatan Kuantan Hilir. Dengan menjadikan PBK sebagai salah satu organisasi di Kuansing peduli akan korban banjir.

Tidak hanya itu Pemuda Batak Kuansing juga ikut serta dibantu dan bersama sejumlah personil dari TNI dan Polri dalam misi kemanusian. Semangat kemanusian dibingkai dalam hastag #kita semuabersaudara.

Pemuda Batak Kuansing (PBK) menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir di Kecamatan Kuantan Hilir, Jumat, 13 Desember 2019. (Sumber : https://www.riauonline.co.id/)

Rendi salah satu anggota Pemuda Batak Kuansing mengatakan total bantuan berupa paket sembako yakni sebesar Rp. 20 juta.

“Total bantuan yang disalurkan tadi lebih kurang Rp.20 juta dalam bentuk paket sembako,” ujar anggota PBK Kuansing, Rendy dilansir dari laman berita Riaunonline.co.id¬† pada Jumat sore (13/12).

Baca Juga  Banjir Rob rendam Ribuan rumah di kawasan Belawan Medan

Ditempat yang sama dengan Rendy, Hardianto Manik selaku Ketua Pemuda Batak Kuansing Kuansing mengatakan aksi kemanusian ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Pemuda Batak Kuansing terhadap warga yang menjadi korban banjir.

“Bantuan yang boleh diberikan oleh keluarga besar Pemuda Batak Kuansing merupakan bentuk kepedulian kepada para korban banjir, semoga ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak banjir,” pungkas Manik.