Hitabatak.com/Jakarta,- Kualitas air di Danau Toba mengalami penurunan, hal ini terjadi dikarenakan aktivitas nelayan pembudidaya ikan. Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan tengah mendalami fenomena ini dengan mengkaji alternatif budidaya ikan di darat sebagai solusi terkait pencemaran air di Danau Toba.

Menurutnya, pemerintah tidak akan menyalahkan masyarakat, melainkan mencari alternatif agar tak mengganggu sumber pendapatan masyarakat setempat. Salah satunya dengan bersinegis dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam menangani kasus tersebut. Daratan di sekitar danau berupa lereng yang lebih tinggi dari badan danau. Saat ini, pihaknya tengah mengkaji pembangunan sudet dan membangun kolam di kanan-kirinya.

“Ini sedang kami kaji akses dan keperluan lainnya bagaimana. Data belum sepenuhnya lengkap tapi mungkin saya lihat bisa di lereng. Kami siap untuk bangun kolam budidaya di darat. Menteri PUPR juga siap mendukung,” kata Edhy dalam keterangan tertulis, Sabtu, 14 Desember 2019.

Lebih lanjut Edhy menuturkan bahwa pembangunan keramba tidaklah sulit melaikan caranya serta menyoal pemindahan keramba dan revitalisasi keramba tradisional menjadi keramba ramah lingkungan.

“Membangun keramba akhirnya enggak sulit. Bisa membangun ajalnya, tinggal caranya bagaimana ? Budidaya di Danau Toba secara langsung bisa dipindahkan. Selain itu Keramba tradisional sedang kita data. Nanti kita kembangkan keramba ramah lingkungan,” tuturnya.

Rencana pemindahan keramba di Danau toba inipun menuai polemik, dilansir dari laman Gatra.com menyebutkan Yugi Prayanto selaku Wakil Ketua Umum Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia menuturkan,  ada investor asing dari Swiss yang merasa dirugikan apabila ada pemindahan keramba di Danau Toba

“Seharusnya ini diatur. Lagi diatur ketemu sama gubernur, pemda, pelaku usaha, dan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan). Mudah-mudahan ada jalan, kita berharap ada kajian akademis yang objektif mengenai pengembangan keramba di Danau Toba.” tuturnya.

Baca Juga  Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya Pelopor Kemajuan Tapanuli Raya