Dali ni Horbo (Susu Kerbau) Kejunya Orang Batak

hitabatak.com > Kuliner > Dali ni Horbo (Susu Kerbau) Kejunya Orang Batak

Dali ni Horbo (Susu Kerbau) Kejunya Orang Batak

Biasanya orang hanya mengenal susu sapi dan kambing dikonsumsi dalam bentuk cair atau menjadi bahan olahan makanan lain. Yang satu ini beda, susu dari Sumatera Utara, khususnya daerah Tapanuli, anda dapat menemukan susu kerbau yang sudah di olah seperti bentuk agar-agar dengan dimasak secara tradisional dan tanpa bahan kimia.

Di Tapanuli sering disebut sebagai dali ni horbo atau bagot ni horbo (bagot = susu, horbo= kerbau). Cara pembuatan dali ni horbo sangat gampang hanya dengan memanaskan susu dari kerbau, ditambahkan air perasan daun kates(pepaya) serta perasan air nenas untuk proses pengentalan, dan biarkan hingga beberapa menit sehingga susu kerbau terlihat seperti agar-agar.
Dali ni horbo juga sangat enak jika dicampur dengan ikan mas nadiarsik (ikan mas bumbu kuning).

Susu kerbau diambil dari induk kerbau betina yang memiliki bayi kerbau berumur 1 bulan. Seekor kerbau dapat menghasilkan rata-rata 2-4 liter susu setiap harinya sampai 8 bulan pemerahan.

Untuk mencoba makananan ini anda cukup mengeluarkan uang Rp. 10.000,- sampai Rp. 20.000,- cukup murah untuk makanan bergizi nikmat serta kaya nutrisi.

Setiap daerah memiliki makanan tradisionalnya masing-masing. Alangkah baiknya kita generasi muda tetap melestarikannya menjadi kekayaan budaya kita budaya Batak.

Baca Juga  Resep Sate Babi Enak Dan Empuk (Non-Halal)