Cegah Stunting, TPID Purbatua Gelar Pelatihan

hitabatak.com > Artikel > Cegah Stunting, TPID Purbatua Gelar Pelatihan

Cegah Stunting, TPID Purbatua Gelar Pelatihan

Hitabatak.com/Tapanuli Utara,- Dalam Mencegah Stunting, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara menggelar Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM). Pelatihan yang melibatkan Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Pemerintah Desa bertempat di Aula Kantor Camat Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara (1/11)

Materi Pelatihan fokus pada Sosialisasi pencegahan stunting untuk peningkatan SDM yang dihadiri 2 orang perwakilan dari sebelas desa.

Ketua TPID Kecamatan Purbatua, Samuel Sitompul Mengatakan “Kader Pembangunan Manusia akan dilatih membantu masyarakat untuk mengembangkan kapasitas masyarakat agar dapat menangani masalah yang di hadapi secara efektif”, kata Muel, sapaan akrab Samuel Sitompul.

Samuel berharap dengan adanya kegiatan Pelatihan KPM yang baru pertama diadakan di Kecamatan Purbatua, KPM desa menjadi perhatian khusus Pemerintah Desa agar mengalokasikan sebagian Dana Desa untuk menunjang kinerja daripada Kader nantinya di Desa. Selain itu, TPID Kecamatan Purbatua berterimakasih kepada seluruh Pihak yang mensuport kegiatan Pelatihan PSDM Tahun 2019.

Camat Purbatua, diwakili Sekretaris Camat Patar SihombingĀ  dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada TPID Purbatua dan khususnya Narasumber dari Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

“Ini merupakan tanggung jawab bersama, butuh komitmen kader dan pemerintah desa supaya penanganan masalah stunting bisa teratasi dengan baik di desa,” ungkap Patar.

Proses pelatihan di Aula Kantor Camat Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara

Senada dengan Patar, Sebagai salah satu narasumber Sanggup Sitompul mengegaskan agar Rencana Kegiatan Tindak Lanjut Kader menjadi komitmen bersama Kader dan Pemerintah Desa,

“Kami mengharapkan agar setelah selesai Pelatihan ada out put atau pun RKTL yang di kerjakan kader di desa, sebagai bentuk keseriusan KPM,” ujarnya Sanggup.

 

Baca Juga  Pemprov Sumut Sampaikan Ranperda BUMD Dorong Pembangunan dan PADĀ