Bara JP Sumut : Gubernur Sumut Diminta Tenang Seperti Jokowi dalam hadapi Masyarakat

hitabatak.com > Artikel > Bara JP Sumut : Gubernur Sumut Diminta Tenang Seperti Jokowi dalam hadapi Masyarakat
Dokumentasi Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi (foto : medanbisnisdaily)

Bara JP Sumut : Gubernur Sumut Diminta Tenang Seperti Jokowi dalam hadapi Masyarakat

hitabatak.com/Medan – Sikap reaksioner Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi pasca dilaporkan oleh sejumlah masyarakat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penertiban Surat Perintah Pembayaran (SPP) eks HGU PTPN 2 disorot oleh berbagai pihak, salah satunya Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Wilayah Sumatra Utara (Sumut).

Dilansir dari laman medanbisnisdaily, Menurut Bara JP yang diwakili oleh Heryanson Munthe selaku Ketua Bara JP, Gubernur Edy perlu belajar dari Presiden Jokowi tentang bagaimana bersikap tenang menghadapi masyarakatnya.

“Kita hormati saja proses hukum, karena setiap masyarakat berhak melaporkan suatu masalah ke KPK, dan itu dilindungi undang undang melalui UU No 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Semua punya hak, jangan terlalu agresif, kalau tidak salah pasti tidak akan terjerat hukum. Nah yang terjerat nantinya adalah apabila hasil penyelidikan menemukan pasa yang dilanggar, dan siapa pejabat yang melanggar itu,” kata Munthe pada Selasa (18/2/2020).

Lebih lanjut Hery mengatakan dengan persolan yang saat ini terjadi Gubernur Edy dapat bersikap bijaksana dengan menenangkan masyarakat terkait pemberitaan media.

“Pada pasal 10 ayat 1 disebutkan saksi, korban, saksi pelaku dan atau pelapor tidak dapat dituntut secara hukum, baik pidana maupun perdata atas kesaksian dan atau laporan yang sedang atau telah diberikannya, kecuali kesaksian atau laporan diberikan tidak dengan itikad baik, ini kan lumrah warganya memberikan laporan atas daerahnya, ya bijaksana pasti lebih baik, analisa dulu hal hal terkait, pelajari apa yang diberitakan media baru kalau ada yang menyalahi aturan silahkan lapor,” kata Munthe.

Terakhir Hery berharap agars semua pihak dapat dan bijak menghadapi segala persoalan yang ada demi pembangunan Sumatera Utara salah satunya dengan belajar dari sikap Presiden Jokowi.

Baca Juga  Tahun 2020 Festival Danau Toba Ditiaadakan, Gubsu Edy Buat Kegiataan Lain

Tidak terkecuali Gubernur Edy agar belajar dari Presiden Jokowi yang sampai memberi hadiah kepada orang yang melaporkannya, ini menandakan bahwa Presiden Jokowi tidak mau ambil pusing untuk hal-hal kecil.