Andaliman merupakan bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae). Bumbu masak ini dikenal sebagai “merica batak”, dimana masakan khas batak seperti arsik memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tidak dapat digantikan.

Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun menggigit sehingga menimbulkan rasa yang kelu atau mati rasa di lidah, namun tidak sepedas cabe dan lada. Mencampurkan andaliman sebagai bumbu masak dapat meningkatkan selera makan. Dalam masakan batak, agar dapat dimasak maka andaliman harus dihaluskan lalu dijadikan bumbu berbagai jenis masakan seperti arsik ikan mas, sambal tuk-tuk.

Andaliman juga mengandung vitamin C dan E yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh. Bahkan bila diekstraksi secara, andaliman dapat meningkatkan jumlah sel limfosit hidup dan menurunkan jumlah radikal bebas. Dibalik itu semua, ternyata andaliman masih memiliki banyak manfaat yang lain, termasuk menghambat pertumbuhan 9 mikroba yang bisa merusak bahan pangan.

Jika anda ingin merasakan nikmatnya masakan dengan bumbu andaliman, andaliman banyak ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan di Sumatera Utara.

Baca Juga  Satu Cara untuk Meluluhkan Hati Pariban

By Hitabatak

Berbagi informasi menarik tentang Batak.