Aliansi Masyarakat Peduli Hutan Hatapang

hitabatak.com/Labuhanbatu. Menyikapi banjir bandang di Desa Hatapang yang belum tuntas membuat masyarakat dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Hutan Hatapang guna menuntut agar banjir tersebut diusut tuntas pada jumat (10/1) di Polres Labuhanbatu.

Aksi solidaritas ini  menuntut supaya izin PT Labuhan Batu Indah (LBI) di Hatapang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) Sumatera Utara supaya pemberi izin dan dinas terkait diproses secara hukum.

Banjir bandang yang terjadi di Hatapang  dan Desa Pematang dinilai adalah ulah dan tanggung jawab PT LBI dan pemerintah Labura baik secara hukum maupun moral.

Dilansir dari laman Batakpos, Edi syahputra Ritonga selaku koordinator lapangan mengungkapkan dalam orasinya menyebut Hutana Sihombing Kades Hatapang ,Sarwono Kades Sei Raja ,dan Sahbella Rambe, Kades Batu Tunggal dan instansi terkait lainnya biang dari masalah jual beli lahan ke PT LBI yang telah melanggar UU NO.41Tahun 1999.

PT LBI seluas 1.100 Hektar diduga merambah sebahagian kawasan hutan  dari 3 Desa yakni Hatapang,Desa Sei Raja,Desa Batu Tunggal.

Adapun dalam aksi solidaritas tersebut, Aliansi menuntut tiga tuntutan yang yang dibeberkan Kordinator Lapangan aksi Korlap Edi syahputra Ritonga, yakni

1. Mendesak kepolisian untuk melakukan forensik legal audit terkait legalitas PT LBI

2. Meminta PT LBI bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami masyarakat,menghentikan  segala kegiatan exsploitasi hutan di Hatapang karena dikhawatirkan adanya banjir susulan akibat penggundulan hutan.

3. Meminta Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara untuk melakukan penanggulangan erosi dan banjir di Desa Hatapang dan Pematang secara serius.

Lebih lanjut Edy menyebutkan bahwa jikalau tuntuntan dari masyarakat ini tidak ditanggapi maka masyarakat akan melakukan aksi lanjutan.

Baca Juga  Banjir Bandang Melanda Holbung Samosir

Disela sela aksi tersebut Kasat Intelkam Polres Labuhanbatu  AKP Hairun Edi Sidauruk menemui perwakilan aksi dan mengajak apa yang menjadi tuntutan dan pernyataan sikap Aliansi Masyarakat Peduli Hutan Hatapang supaya didiskusikan dengan baik