Hitabatak.com/Tapanuli Utara,- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tapanuli Utara Donny Raymond Simamora, S.IP atas nama Bupati Tapanuli Utara membuka dengan resmi Bursa Inovasi Desa Cluster II Luat Pahae (Kecamatan Pahae Julu, Pahae Jae, Purbatua dan Simangumban) Tahun 2019, bertempat di Gedung Gereja HKI Sarulla, Rabu (16/10/2019).

Hadir dalam acara itu masing-masing : Kadis PMD, Forkopimda, Camat, Kepala Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tim inovasi, Tenaga ahli P3MD, dan Pendamping lokal, dan Tim Pelaksana Inovasi Desa se luat pahae.

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si dalam sambutanya yang dibacakan oleh Kadis PMD mengatakan, pelaksanaan program inovasi desa memiliki arti dan nilai strategis.

Tujuan inovasi desa adalah sebagai wadah peningkatan kapasitas desa yang didalamnya ada upaya peningkatan produktifitas masyarakat, kemandirian ekonomi, dan persiapan SDM unggul berdaya saing, sangat sejalan dengan komitmen pembangunan Taput.

Kepala Dinas PMD Taput berharap, momentum Bursa Inovasi Desa ini benar-benar dapat dioptimalkan oleh kita semua yang ada dalam forum ini, dan benar benar berkomitmen dalam mereplikasikannya dalam pembangunan desa di tahun mendatang.

Dalam Sambutannya Camat Koordinatar Klaster II Bapak Hudson menyampaikan Sinergi pembangunan desa dan kabupaten menjadi syarat mutlak bagi terwujudnya tujuan pembangunan secara keseluruhan.

Isu-isu strategi daerah meliputi penanggulangan kemiskinan, pelayanan pendidikan dan kesehatan, infrastruktur dasar dan lainya, harus menjadi perhatian di desa dan untuk itu elemen data menjadi faktor penting yang harus terlebih dahulu disinergikan.

Pemerintah desa bersama pendamping dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengakses data tersebut.

Dengan penggunaan data yang sama, maka akan berimplikasi pada keterpaduan dan sinergi pembangunan daerah.

Hal lain yang juga penting mendapat perhatian adalah akses layanan pendidikan dan kesehatan. Khusus di bidang kesehatan, permasalahan Stuting harus menjadi perhatian .

Baca Juga  Bupati Taput Silaturahmi dengan Mahasiswa di Banjar Baru - Kalsel.

Dalam Laporanya Ketua Panitia BID Klaster II Luat Pahae Ranbaik Ritonga di dampingi Sekretaris Panitia Samuel Sitompul menyampaikan bahwa dari 49 (empat puluh sembilan) Desa yang menuliskan Menu Pembangunan dan berkomitmen sebanyak 105 Komitmen.
Hal ini menjadi perhatian serius kepada pemerintah desa yang nantinya akan mereplikasi komitmen tersebut.

Kepanitian Bursa Inovasi Desa Klaster II secara keseluruhan di isi oleh Seluruh anggota Tim Pelaksana Inovasi Desa se Luat Pahae